Spesifikasi di atur oleh Department of Transportation (USA)
Tidak ada yang rahasia disini. Material yang digunakan sbb:
Castor oil-based (pre-DOT, DOT 2)
- Castor oil
- Alcohol, usually butanol (red / crimson fluid) or ethanol (yellow fluid)
- Alkyl ester
- Aliphatic amine
- Diethylene glycol
- Diethylene glycol monoethyl ether
- Diethylene glycol monomethyl ether
- Dimethyl dipropylene glycol
- Polyethylene glycol monobutyl ether
- Polyethylene glycol monomethyl ether
- Polyethylene oxide
- Triethylene glycol monobutyl ether
- Triethylene glycol monoethyl ether
- Triethylene glycol monomethyl ether
- Dimethyl polysiloxane
Dalam membuat mohon diperhatikan Spesifikasi berikut ini. Khusus untuk DOT 5 anda perlu memeriksa kembali jenis siloxane nya karena panjangnya rantai polymer silicone akan mendikte viscositas yang di capai. Sedangkan untuk glycol ester dapat anda tambahkan corrosion inhibitor dalam orde ppm level. Lihat coolant engine formula. Chromate pilihan yang gampang.
Kalau anda telaah lebih lanjut setiap DOT belum tentu compatible dengan lainnya, untuk itu anda harus berhati hati dalam memilih Brake Fluid
Click disini untuk informasi lebih lanjut
Dry Boiling Point | Wet BoilingPoint | Viscosity Limit | ||
---|---|---|---|---|
DOT 2 | 190 °C (374 °F) | 140 °C (284 °F) | ? | Castor oil/alcohol |
DOT 3 | 205 °C (401 °F) | 140 °C (284 °F) | 1500 mm2/s | Glycol Ether |
DOT 4 | 230 °C (446 °F) | 155 °C (311 °F) | 1800 mm2/s | Glycol Ether |
LHM+ | 249 °C (480 °F) | 249 °C (480 °F) | 1200 mm2/s ] | Mineral Oil |
DOT 5 | 260 °C (500 °F) | 180 °C (356 °F) | 900 mm2/s | Silicone |
DOT 5.1 | 260 °C (500 °F) | 180 °C (356 °F) | 900 mm2/s | Glycol Ether |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar