Senin, 16 November 2015

Coolant Radiator

Ada dua versi yang bisa  dibuat yakni ramah lingkungan seperti yang sudah diterapkan di US dan Negara maju lainnya, atau tidak terlalu ramah lingkungan.

Not Friendly
Ethylene Glycol,  Antifreze           0%, tidak perlu karena utk aplikasi tropis, biasanya 35% (winter)
Antioxidant                                    0%, tidak perlu karena tidak ada glycolic acid
Sodium Chromate                          1%,   (sudah dilarang di US, terkadang diganti sodium molybdate)
Chelating agent/Phosponate           50 ppm, act sebagai anti scale, bias diganti EDTA                           
Distilled Water                              balanced

Friendly
Propylene Glycol                          25%
Glycerin                                        25%
Sodium phosphate monobasic      10 ppm, anti corrosion tambahan
Sodium Silicate                             10 ppm, anti corrosion tambahan, pengikat glycolic acid,
Chelating agent/Phosponate         50  ppm, act sebagai anti scale, bias diganti EDTA                          
Distilled Water                              balanced

Catatan
Formula 'not friendly'  tidak mengantisipasi freezing karena untuk aplikasi tropical mestinya sudah memadai. Design 'friendly' tidak identic dengan murah, bias mencapai 25 rb/ liter

Dalam kasus mobil tua mungkin anda bermaksud untuk flushing (membersihkan) cooling loop dari engine sampai radiator, campuran HCl konsenrasi rendah (0.1 %)  dengan chelating agent akan bisa membantu. Note: HCl akan mengikis juga steel, sehingga konsentrasi harus sekecil mungkin. Weak acid lain spt posporica acid bisa juga di pertimbangkan.

Testing inhibisi akan melibatkan alat khusus pengukur yg akan menghasilkan plot voltage vs arus korosi.

Click disini untuk informasi lebih lanjut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar